Facebook merupakan social media atau jejaring sosial yang diciptkan oleh
seorang pemuda bernama Mark Zuckerberg yang hanya diperuntukkan untuk
mahasiswa Harvard agar saling mengenal satu sama lain melalui facebook
sebelum menjadi jejaring sosial terbesar di dunia.
Dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan, separuh dari semua mahasiswa
Harvard telah mendaftar dan memiliki account di Facebook. Tak hanya
itu, beberapa kampus lain di sekitar Harvard pun meminta untuk
dimasukkan dalam jaringan Facebook. Zuckerberg pun akhirnya meminta
bantuan dua temannya untuk membantu mengembangkan Facebook dan memenuhi
permintaan kampus-kampus lain untuk bergabung dalam jaringannya. Dalam
waktu 4 bulan semenjak diluncurkan, Facebook telah memiliki 30 kampus dalam jaringannya.
Dengan kesuksesannya tersebut, Zuckerberg beserta dua orang temannya
memutuskan untuk pindah ke Palo Alto dan menyewa apartemen di sana.
Setelah beberapa minggu di Palo Alto. Zuckerberg berhasil bertemu dengan
Sean Parker (cofounder Napster), dan dari hasil pertemuan tersebut
Parker pun setuju pindah ke apartemen Facebook untuk bekerja sama
mengembangkan Facebook. Tidak lama setelah itu, Parker berhasil
mendapatkan Peter Thiel (cofounder Paypal) sebagai investor pertamanya.
Thiel menginvestasikan 500 ribu US Dollar untuk pengembangan Facebook.
Jumlah account di Facebook
terus melonjak, sehingga pada pertengahan 2004 Friendster mengajukan
tawaran kepada Zuckerberg untuk membeli Facebook seharga 10 juta US
Dollar, dan Zuckerberg pun menolaknya. Zuckerberg sama sekali tidak
menyesal menolak tawaran tersebut sebab tak lama setelah itu Facebook
menerima sokongan dana lagi sebesar 12.7 juta US Dollar dari Accel
Partners. Dan semenjak itu sokongan dana dari berbagai investor terus
mengalir untuk pengembangan Facebook.
Pada September 2005 Facebook tidak lagi membatasi jaringannya hanya
untuk mahasiswa., Facebook pun membuka jaringannya untuk para siswa SMU.
Beberapa waktu kemudian Facebook juga membuka jaringannya untuk para
pekerja kantoran. Dan akhirnya pada September 2006 Facebook membuka
pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat e-mail.
Selain menolak tawaran dari Friendster seharga 10 juta US Dollar,
Zuckerberg juga pernah menolak tawaran dari Viacom yang ingin membeli
Facebook seharga 750 juta US Dollar, dan tawaran dari Yahoo yang ingin
membeli Facebook seharga 1 milyar US Dollar.
Tidak ada situs jejaring sosial lain yang mampu menandingi daya tarik
Facebook terhadap user. Pada tahun 2007, terdapat penambahan 200 ribu
account baru perharinya Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan
Facebook setiap harinya. Rata-rata user menghabiskan waktu sekitar 19
menit perhari untuk melakukan berbagai aktifitas di Facebook.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar